Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Senin, 31 Oktober 2016

Puspa Tandah:Adas:Foeniculum vulgare mill

Kita mungkin sering mendengar namanya, walau kita tidak tahu wujud tanaman ini,  tanaman ini termasuk dalam salah satu tanaman obat masyarakat bali, dan sudah barang tentu tanaman ini juga salah satunya merupakan tanaman asli dari tanah dewata ini, dari sekian banyak nama yang dimilikinya di berbagai daerah diantaranya : ada yang menyebutnya dengan nama : Alas; Hades; Adeh; Cedas; Kumpasi; Manih, dan banyak lagi lainnya, namun dalam masyarakat bali tanaman ini memiliki nama adas atau dalam dunia pengobatan juga sering disebut dengan nama puspa tandah, dengan nama latinnya adalah Foeniculum vulgare Mill (sesuai informasi yang saya dapat di Kebun Raya Bali).

 Diberbagai daerah tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga setinggi orang dewasa, namun ada juga yang hanya seukuran kurang dari 1 meter, memiliki bentuk batang beralur berwarna putih, tumbuhnya tegak serta mempunyai daun menyirip berwarna hijau, tanaman yang sudah dewasa akan menghasilkan bunga serta buah, bunganya berwarna kuning sedangkan buah yang sudah matang berwarna keabu-abuan, namun saat gambar saya ambil kebetulan tanaman yang saya dapati adalah tanaman yang masih muda, oleh sebab itu tidak ada bunga atau buah yang saya dapati, namun jika anda ingin mendapatkannya sudah banyak dipasaran yang menyediakan buah kering dari tanaman ini.

Dari informasi tambahan yang saya dapatkan rasanya perlu saya sampaikan, walaupun sebenarnya saya juga tidak begitu paham dengan unsur-unsur kimia, namun siapa tahu ada dari teman teman yang mungkin memerlukannya jadi tidak ada salahnya saya teruskan informasi yang saya dapatkan ini.

  Adapun kandungan zat yang terdapat dalam tanaman Adas ini diantaranya adalah :
  • Polifenol;
  • Limonena;
  • Minyak lemak;
  • Stigmasterin;
  • Gula;
  • Saponin dll.
Khasiat yang dimiliki:
  • anti inflamasi;
  • diuretik;
  • karminatif serta;
  • anti mikroba.
Berikut adalah pemanfaatan tanaman Adas sebagai herbal yang ada di masyarakat yaitu sebagai obat Sembelit, dimana digunakan bahan bahan diantaranya: 3-5 butir adas, 3 lembar daun jambu biji, 2 ruas kulit batang Pulosari, semua bahan direbus dan diminum setengah gelas saat dibutuhkan.


cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Posting Komentar

ads

Total Tayang Halaman

Ads