Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Kamis, 15 September 2016

Manfaat Daun ingan ingan:Anak Cepat bisa berjalan

Tumbuhan ini biasanya tumbuh disembarang tempat, saya tidak mengetahui persis apa nama tumbuhan ini dalam bahasa Indonesia, karena saya rasa tanaman ini tidak terlalu populer, dan pemanfaatannya mungkin saja hanya ada di daerah tertentu saja.

Tumbuhan ini walau tidak mengganggu, namun juga tidak ada yang sengaja membudidayakannya, tumbuhan ini hanya dicari disaat orang-orang membutuhkannya, karena penyebarannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur pada tempat tempat terbuka seperti tempat-tempat galian tanah dan lahan tidur lainnya.

Sepanjang pengetahuan saya, dari hasil saya bertanya pada masyarakat sekitar dan orang-orang yang sekiranya mengetahui pemanfaatan bagian tumbuhan ini sebagai obat, hampir semua tidak mengetahuinya, hingga ini saya tulis belum ada yang menginformasikan manfaat obat dari tumbuhan ini, namun begitu, saya menyadari tidaklah semua tumbuhan harus memiliki fungsi dan manfaat sebagai obat, namun tentunya ad manfaat lain yang mungkin tidak kalah pentingnya daripada sebagai obat.

Tumbuhan ini lebih dipandang sebagai tumbuhan yang mempunyai nilai magis di mata masyarakat, pemanfaatannya mungkin tidak terlalu masuk akal bagi kebanyakan orang, namun bukti telah disajikan oleh tanaman ini, mungkin sudah ratusan tahun tradisi ini tetap terjaga di masyarakat, walaupun mungkin kini sudah memasuki jaman moderen, tumbuhan ini terutamanya batangnya yang berdaun selalu digunakan oleh masyarakat khususnya Masyarakat Bali pada saat mereka memiliki anak yang akan belajar berjalan maupun terlambat bisa berjalan, dengan menggunakan bantuan tanaman ini mereka percaya bahwa sang anak akan segera memiliki kemampuan dan niat melangkahkan kakinya.

Kata ingan-ingan sendiri berasal dari kata "ingan" yang dalam bahasa balinya berarti Ringan, dimana dipercaya akan mampu membuat sang anak menjadi merasa ringan pada saat mencoba melangkahkan kakinya, dan akan terus berjalan dan berlatih berjalan,

Postingan ini saya buat bukan untuk membuat teman-teman mempercayai hal-hal magis, melainkan hanyalah untuk memberika sedikit pengetahuan tentang tumbuhan ini, jauh dari sempurna memang pemaparan saya, namun saya harap langkah awal ini kelak dapat berkembang, dan tentunya akan saya tambahkan pada waktunya nanti, serta dapat sedikit membantu bagi teman-teman yang memerlukannya. 

Selanjutnya saya akan memberikan cara pemanfaatan tumbuhan ini, adapun cara pemanfaatan tumbuhan ini adalah sebagai berikut :
  1. Ambil satu batang Pohon ingan-ingan lengkap dengan daunnya, lalu dipukul-pukul lembut pada  bagian kaki sampai pinggang anak yang akan dan sedang belajar berjalan,
  2. Daun ingan-ingan dapat ditumbuk atau digilas hingga lembut, ditambah sedikit air, lalu hasil tumbukan tadi dilulurkan/ dioleskan pada kaki dan pinggang sang anak.
Maka dengan begitu anak-anak dipercaya dapat segera berjalan dengan baik, hal ini tak lepas dari kepercayaan dan keyakinan masyarakat itu sendiri.

Demikian, semoga bermanfaat.

cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Posting Komentar

ads

Blog Archive

Total Tayang Halaman

Ads