Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Senin, 05 Desember 2016

Manfaat Lantana camara:Tahi kotok

Akhirnya saya menemukan setelah sekian lama saya mencari-cari manfaat obat dari tanaman ini, seperti sebelumnya saya sudah pernah posting perihal pemanfaatan luar dari tanaman ini yaitu sebagai sarana anti serangga, atau dengan kata lain aroma atsiri tanaman ini sangat tidak disukai oleh serangga, terutamanya dipergunakan untuk mengendalikan lebah madu.

Dipenghujung tahun 2016 tepatnya pada bulan November saya berkesempatan mengunjungi Objek Konservasi tanaman yang ada di Jawa Barat, tepatnya di Kota Bogor, dimana tempat yang pertama saya kunjungi adalah komplek tanaman Obat koleksi Kebun Raya tersebut, tentunya dengan diarahkan oleh penunjuk jalan yang telah tersedia disana, maka tidaklah merasa kesulitan untuk mencapai tempat yang saya tuju, yaitu Medicinal Plant Collections, saya dihadapkan dengan begitu banyaknya koleksi tanaman yang ada didalamnya, senang rasanya namun sedikit agak bingung harus memulai dari mana, akhirnya dengan hanya berbekal kamera hand phone, saya mulai menelusuri taman Tanaman Obat, satu persatu saya ambil gambarnya, untuk memenuhi hasrat hati..hingga terkumpulah ratusan koleksi foto tanaman obat...

Yah itulah sedikit awalan dari saya sebelum saya melanjutkan ulasan tentang tanaman obat ini, tentunya yang sebatas saya dapatkan informasinya ditambah sedikit dari pengalaman pribadi.
Kali ini saya akan melanjutkan informasi mengenai tanaman yang memiliki nama latin Lantana Camara ini.
  • Batang :dari pengamatan sederhana saya atas tanaman ini, tanaman ini  merupakan tanaman berkayu, dapat tumbuh tegak hingga 3 meter atau lebih, memiliki percabangan yang tumbuh sejajar berlawanan dikedua sisi batang pohon.
  • Daun: tanaman ini memiliki daun berjenis tunggal, tumbuh disela sela ketiak batang yang beruas, bentuk daun bulat lonjong dengan penampang yang kasar dan nampak jelas urat daunnya, pada bagian tepinya memiliki bentuk bergerigi kecil dan rapi lalu meruncing pada bagian ujung daunnya.
  • Bunga dan buah: untuk bunganya, tanaman ini memiliki jenis bunga yang majemuk, terdiri dari bunga yang berbentuk cerobong berukuran kecil-kecil, dengan warna kombinasi merah kuning serta ungu, setelah bumga berhasil dibuahi oleh serangga, maka bungpun segera berubah menjadi buah, buahnya sendiri mengikuti bunga yaitu berbentuk majemuk dan terdiri dari bulir-bulir kecil dan berdaging lunak yang membungkus bijinya.
Famili     : Verbenaceae
Genus     : Lantana
Species   : L. Camara

Tanaman ini memiliki nama daerah :
  • Lempuyak  : Bali
  • Wileran.     : jawa
  • Tahi kotok  : jawa
  • Tahi ayam. : jawa
  • Sente.         : sunda
Manfaat herbal:
  • Antipretik    :  penurun demam
  • Antitoksik    : penawar racun
  • Analgesik     : penghilang sakit
  • Hemostatik  :  penghenti pendarahan
  • Antipruritus :  anti gatal
Akar dan daun Lantana Camara ini digunakan untuk :
  • Mengatasi Permasalahan pembersihan darah saat menstruasi serta masalah keputihan, rebusan akar atau daunnya 5 sampai 10 gram atau secukupnya dan diminum 1 gelas sehari.
  • Untuk obat Rematik : gunakan daun lantana camara yang ditambahkan jahe lalu digerus atau dilumatkan untuk boreh atau dilulurkan pada bagian yang sakit.
  • Obat Gatal: lumatkan daun lantana camara secukupnya lalu oleskan pada bagian yang gatal
Serta banyak lagi manfaat dari tanaman ini namun belum terkonfirmasi.
Demikianlah sedikit info yang dapat saya berikan, saya bukan ajli obat atau tanaman, tulisan saya hanyalah Berdasarkan kecintaan saya pada tanaman, terima kasih.

cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Posting Komentar

ads

Total Tayang Halaman

Ads