Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Selasa, 27 Desember 2016

Kembang Sungsang:Gloriosa Superba

Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang merambat, walau sebenarnya jarang saya jumpai, namun dari penuturan orang-orang tanaman ini adalah tanaman liar, sering ditanam di pekararangan lantaran tanaman ini memiliki bentuk dan warna bunga yang indah dipandang mata.

Genus : Gloriosa
Spesies : Gloriosa Superba

Namun dibalik kecantikannya itu sebenarnya tanaman ini menyimpan racun yang berbahaya dan relatif kuat, getah dari tanaman ini jika terkena kulit, maka pada sebagian orang akan meninggalkan rasa gatal kemerahan hingga iritasi.

Kini saya sedikit infokan mengenai bentuk fisik tanaman ini:

Batang: tanaman ini memiliki batang berbentuk bulat beruas, tumbuh memanjang dan merambat serta agak tegak pada bagian batang atasnya.
  • Daun: memiliki bentuk daun lonjong
  • Serta memiliki tepian daun yang rata dan meruncing pada bagian ujungnya.
  • Bunga: memiliki bunga dengan beberapa kelopak lanset bergelombang dengan benang sari yang menjulur ke samping-samping bunga,
  • Umbi: tanaman ini diinfokan memiliki umbi, namun hingga tulisan ini saya buat, saya belum memiliki kesempatan menemukan umbinya.
Adapun khasiat atau manfaat yang dapat kita peroleh dari pemanfaatan terutamanya bagian umbi dan akarnya. Dari papan informasi yang saya baca di Kebun Raya Bogor menyatakan bahwa umbi tanaman ini walaupun beracun namun juga memiliki khasiat obat diantaranya :
  • Mengatasi Panu;
  • Mengatasi kadas;
  • Mengatasi kurap
  • Eksim kulit,
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

http://cintapohonku.com

Share:

1 komentar:

  1. Kami menyediakan bibit tanaman kembang sungsang, silahkan Wa 082220833479

    BalasHapus

ads

Total Tayang Halaman

Ads