Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Selasa, 02 Mei 2017

Padang Lipi/rumput ular

Kali ini saya akan menunjukkan satu jenis tumbuhan yang mungkin luput dari perhatian kita, bukan merupakan tumbuhan yang menghasilkan bunga yang indah ataupun menghasilkan buah yang bagus, namun ini hanyalah salah satu dari sekian jenis tumbuhan gulma yang tumbuh liar di area-area  persawahan basah, mungkin tidak pula disetiap sawah akan anda temukan tumbuhan jenis ini, yang jelas saya temukan tumbuhan ini pada saat saya bertandang ke seorang teman yang kebetulan pada saat itu sedang memulai mengairi area sawah miliknya yang segera akan digarap atau dibajak, disitulah saya temukan sesosok tanaman unik yang tumbuh di tengah sawah yang hampit rata tertutup oleh gulma dan rumput-rumput liar, dikarenakan sudah lebih dari dua bulan jeda dari aktivitas menanam padi akibat gangguan irigasi, mungkin tanaman ini sudah lama ada dan tersebar, namun bagi saya sendiri baru pertama kali ini saya melihat dan saya menganggap tumbuhan yang unik, akhirnya terpintas dipikiran saya untuk menanamnya di pekarangan rumah, tentunya dengan menggunakan media pot dan dikondisikan dalam kubangan berlumpur mirip dengan kondisi tempat biasanya tumbuh.
Setelah sekian waktu saya pelihara, akhirnya tanaman inipun dapat tumbuh dengan baik, beberapa tunas baru sudah mulai tumbuh dan berkembang, dimana secara pribadi saya merasa senang dan dapat menambah hijau dan sejuk pekarangan rumah saya.
Menurut informasi yang sayaperoleh tumbuhan ini memiliki nama "padang Lipi" mungkin juka dibahasa Indonesiakan menjadi "rumput ular", tentunya ini bukanlah nama yang dapat disulih bahasakan, karena akan menjadi penamaan yang rancu.
Padang lipi memiliki batang hingga jenis daun yang berrongga, dari batang hingga daunnya hampir menyatu, bentuk daunnya pun bukan seperti bentuk daun kebanyakan, walau tanaman ini memiliki batang yang cukup besar namun sejatinya tanaman ini amat ringkih atau mudah patah.
Hingga artikel ini saya tulis masih saya cari informasi pemanfaatan tumbuhan ini, selain hanya pandangan negatif yaitu menjadi tumbuhan gulma pada area persawahan saja.
Demikian yang dapat saya informasikan, semoga dapat menambah sedikit pengetahuan kita tentang nama tanaman yang ada di sekitar kita.
www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Posting Komentar

ads

Total Tayang Halaman

Ads