Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Sabtu, 18 Februari 2017

Manfaat Scutellaria atau Pohon Mint

Ini merupakan tanaman dari keluarga Mint, dari sekian banyak jenisnya, salah satunya adalah tanaman mint yang merupakan tanaman mint yang yang ada  Bali, tanaman ini dalam bahasa latinnya disebut Scutellaria atau Scutellaria sp.


Dilihat dari bentuk daunnya tanaman ini sangat identik dengan tanaman sejenis yang ada di tempat lain, namun tentunya ada perbedaan warna pada daunnya, tanaman ini memiliki daun yang berwarna ungu, dimana bentuk daun dari tanamanini adalah berbentuk bulat lonjong, bergerigi landai pada tepian daunnya serta meruncing pada bagian ujung daun.
batang dari tanaman ini sangat mirip dengan batang tanaman belukar, dan yang pasti adalah aroma yang timbul pada saat daunnya diremas-remas, akan mengeluarkan aroma yang sangat tajam dan khas, seperti aroma mint pada kebanyakan tanaman jenis ini,
Untuk manfaat yang bisa kita dapati dari tanaman ini diantaranya adalah :
  • Akarnya digunakan sebagai obat untuk penyembuhan hepatitis,
  • Sebagai anti peradangan.
  • Sebagai herbal mengobati diare
  • Sebagai bahan aromatik
  • Sebagai ramuan meredakan pegal-pegal
  • Mengengendurkan otot-otot yang kaku

Serta masih banyak lagi manfaat yang dimilikinya, namun karena keterbatasan informasi yang saya dapati, serta tidak tersedianya informasi tambahan di lokasi kunjungan saya yaitu di Taman Usada Kebun Raya Eka Karya Bali, jadi saya belum bisa menyertakan langkah-langkah atau tahapan cara untuk pengolahannya, namun begitu, semoga hal yang kecil ini sedikit dapat membantu teman-teman untuk mengenal tanaman disekitar, sekiranya ada yang mengetahui manfaat lain serta cara pengolahannya agar tidak  segan-segan berbagi kepada saya atau teman-lainnya.
Diakhir kata saya ucapkan terima kasih sudah membaca artikel saya, dan silahkan kembali berkunjung ke blog saya, salam cintapohonku.

www.cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Posting Komentar

ads

Total Tayang Halaman

Ads