Langkah Kecil menghormati alam, melalui sebatang Pohon.

Minggu, 15 Januari 2017

Manfaat Seligi/Kayu Sisih

Tanaman ini dikenal dengan nama Seligi, atau sangat populer di Bali disebut Kayu Sisih, entah apa makna dari nama tersebut saya juga tidak begitu tahu, yang saya tahu ini merupakan salah satu tanaman yang termasuk kedalam jajaran tanaman upakara serta tanaman usada di Bali.

Disamping kegunaannya tadi, dan sebelum saya bahas lebih lanjut, saya juga ingin sedikit berbagi informasi dengan teman-teman, walau sejatinya saya bukanlah penekun spiritual atau apapun itu namanya, namun karena tuntutan berbagi informasi maka saya juga akan sampaikan informasi informal yang saya dapatkan perihal tanaman Kayu sisih ini, konon tanaman kayu sisih ini memiliki aura magis cocok ditanam di pekarangan rumah atau pada sisi pintu masuk pekarangan rumah, dimana dipercaya oleh sebagian orang, akan dapat menetralisir aura jahat yang sekiranya akan mengganggu lingkungan pekarangan kita.

Namun Kita tidak perlu memperdebatkan hal itu, semua itu adalah hak pribadi masing" untuk percaya ataupun tidak, yang jelas dengan menanam pohon berarti kita sudah berkontibusi dalam menambah suplai oksigen bagi kehidupan segenap mahluk di Bumi ini.

Sekarang saya akan sedikit uraikan mengenai deskripsi tanaman Sisih ini :
  • Batang: tanaman ini memiliki batang yang tidak terlalu besar, tinggi tanaman biasanya tidak melebihi dua meter, memiliki kulit kayu yang agak kasar.
  • Daun: tanaman ini memiliki jenis daun yang majemuk, setiap batang daun terdapat puluhan anak daun yang berjajar simetris, bentuk daunnya bulat, berpenampang halus, pada sisinya datar dan berbentuk Bulat kecil.
Nama latin : Phyllanus buxifolius reinw.

Nama daerah :
  • Kayu sisih;
  • Kayu Seligi.
Manfaat:
Sebagai sarana/bahan pada berbagai keperluan upacara pembuatan sesajen bagi Umat Hindu
  • Sebagai tanaman Hias
  • Sebagai tanaman penolak "Bala"
  • Sebagai obat untuk meredakan keseleo, caranya adalah:
  1. Ambil beberapa helai daun seligi;
  2. Tumbuk daun sampai lumat;
  3. Tambahkan dengan minyak kelapa;
  4. Lalu balurkan pada bagian kaki atau tangan yang mengalami sakit/ keseleo.
Demikin sedikit informasi yang dapat saya teruskan, semoga senantiasa dapat bermanfaat..
cintapohonku.com
Share:

0 comments:

Posting Komentar

ads

Total Tayang Halaman

Ads